Untuk mengatasi penyebaran virus Corona (COVID-19) yang belakangan kasusnya melonjak, pemerintah memberlakukan PPKM Darurat 3-20 Juli 2021. Selain aktivitas masyarakat dibatasi, layanan pelanggan (customer service) para operator seluler pun demikian.
Hutchison 3 Indonesia (Tri), Indosat Ooredoo, Telkomsel, sampai XL Axiata mengungkapkan customer service turut menyesuaikan jam operasionalnya selama PPKM Darurat berlaku.
Customer service ini yang berbentuk fisik. Sementara untuk layanan customer service yang tersedia digital, misalnya media sosial dan aplikasi beroperasi penuh.
Berikut jam operasional customer service Hutchison 3 Indonesia (Tri), Indosat Ooredoo, Telkomsel, dan XL Axiata, seperti yang diterima detikINET:
Tri mengatakan bahwa jam operasional 3Store mengikuti aturan PPKM Darurat. Bila tersedia di mal, maka mengikuti jam operasional mal tersebut. Namun ada juga yang sepenuhnya tutup di beberapa lokasi.
Disebutkan untuk customer service diarahkan melalui online 3Care di nomor 132 dan layanan digital, seperti akun media sosial dan aplikasi tetap beroperasi seperti biasa.
Minggu-Jumat pukul 10.00 - 21.00 WIB
Sabtu-Tanggal Merah pukul 10.00 - 21.30 WIB
Senin - Jumat pukul 08.00 - 18.00 WIB
Sabtu - Minggu & Hari Libur Nasional pukul 10.00 - 18.00 WIB
Senin - Sabtu pukul 09.00 - 19.00 WITA
Minggu pukul 09.00 - 18.00 WITA
Indosat mengatakan perusahaan telekomunikasi termasuk sektor esensial yang diperbolehkan para pegawainya masuk kantor, hanya saja kapasitasnya 50%.
Selama menjalankan work from office (WFO), Indosat mengungkapkan tetap menjalankan prokes ketat untuk menjaga kesehatan dan keselamatan pelanggan, serta karyawan.
"Operasional gerai Indosat Ooredoo mengikuti peraturan pemerintah, termasuk pemerintah daerah masing-masing, sehingga ada beberapa yang jam operasionalnya disesuaikan, seperti berada di mal-mal," ungkap SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo, Steve Saerang.
Pelanggan bisa mengecek terlebih dahulu sebelum pergi ke customer service di laman https://indosatooredoo.com/portal/id/psstorelocator.
"Kami terus berupaya memberikan layanan terbaik bagi kebutuhan digital telekomunikasi pelanggan, baik melalui saluran langsung seperti Gerai, maupun saluran online seperti aplikasi, official WA, social media, dan website," tutur Steve.
Halaman berikutnya jam operasional customer service Telkomsel dan XL Axiata
Selama PPKM Darurat, Telkomsel memastikan seluruh ketersediaan produk dan layanan kepada pelanggan tetap terpenuhi seperti biasa. Distribusi fisik, seperti kartu SIM ke mitra dan reseller juga tetap berjalan sesuai prokes yang berlaku.
"Layanan purna jual di titik layanan pelanggan GraPARI tetap beroperasi melayani pelanggan seperti biasa dengan jam operasional dan proses pelayanan yang menyesuaikan protokol kesehatan yang berlaku di tiap wilayah," kata GM External Corporate Communications Telkomsel Aldin Hasyim.
Ada sejumlah GraPARI yang berada di Mal tidak beroperasi sementara sehubungan dengan aturan PPKM Darurat mengenai larangan operasional Mall selama masa PPKM Darurat, dan telah mengalihkan layanan ke sejumlah GraPARI terdekat yang masih beroperasi dengan jam operasional yang menyesuaikan aturan PPKM Darurat di tiap wilayah.
Telkomsel juga memastikan ketersediaan akses informasi pembelian produk dan layanan secara digital/online guna menjamin kenyamanan pelanggan selama menjalankan masa PPKM Darurat.
Begitu juga XL Axiata, layanan telekomunikasi yang termasuk sektor esensial di PPKM Darurat ini tetap melayani masyarakat. Untuk memudahkan pelanggan, XL Center kini tersedia secara online.
XL Center online tersebut melayani kebutuhan, seperti ganti kartu SIM, pengaktifan kembali nomor kartu, migrasi dari nomor prabayar ke prioritas, hingga aktivasi nomor prioritas.
"Harapan kami dengan layanan online ini akan mempermudah pelanggan, memberikan rasa aman untuk pelanggan dan juga sejalan dengan aturan pemerintah," ujar Group Head Direct Channel XL Axiata Muhamad Novan Adilandy.
Novan mengatakan XL Center online ini beroperasi dari pukul 09.00-17.00 WIB dari Senin hingga Minggu. Pelanggan XL dan Axis bisa menginformasikan layanan yang diperlukan melalui web www.xl.co.id/xlcenter.
Setelah itu, para petugas customer service akan menghubungi pelanggan melalui video call. Khusus untuk layanan penggantian kartu SIM, customer service akan mengirimkan langsung kartu SIM yang baru ke alamat rumah pelanggan.
source : https://inet.detik.com/telecommunication/d-5640872/jam-operasional-customer-service-operator-seluler-saat-ppkm-darurat